Keterlibatan dan Interaksi Pelanggan dengan Signage!
Keterlibatan dan Interaksi Pelanggan menjadi hal yang paling banyak diperhatikan saat ini. Di era pasar yang sangat kompetitif ini, dimana setiap industri sudah penuh dengan pesaing dan konsumen menjadi semakin menuntut, strategi pemasaran yang konvensional dan teknik penjualan yang agresif tidak lagi memberikan hasil yang diinginkan. Saat ini, pelanggan lebih memilih mendukung merek yang mereka cintai dan mengabaikan yang tidak memberikan pengalaman pemasaran yang istimewa.
Kunci untuk mencapai kesuksesan dalam kesadaran merek dan periklanan, serta tentunya keuntungan yang sehat, adalah melibatkan pelanggan. Konsumen kini menuntut agar merek berkomunikasi dengan mereka secara personal dan memberikan nilai yang bermakna.
Dalam usaha meningkatkan keterlibatan pelanggan, perusahaan mulai melirik solusi signage digital. Namun, daripada hanya menggunakan tampilan statis yang ditujukan untuk khalayak luas, mereka menjelajahi berbagai fungsi dan teknologi untuk membuat signage digital mereka lebih menarik dan interaktif.
Bagaimana Keterlibatan dan Interaksi Pelanggan dengan Signage?
Papan reklame digital, dengan fitur tampilan yang dinamis, analitik, dan fleksibilitasnya, menjadi alat yang sangat efektif dalam meningkatkan pengalaman dan keterlibatan pelanggan. Keunggulannya terletak pada beberapa faktor penting.
Pertama, ini merupakan langkah signifikan dari papan reklame tradisional yang menggunakan media statis yang kurang menarik. Papan reklame digital dapat menampilkan pesan dan informasi dengan berbagai format media, termasuk video, audio, foto, atau teks.
Fitur warna-warna berani dan animasi pada papan reklame digital memungkinkan merek untuk menarik perhatian audiens dengan hasil penayangan yang 400% lebih tinggi, meningkatkan daya ingat sebesar 83%, dan mencapai efektivitas 47,7% dalam meningkatkan kesadaran merek.
Tidak hanya itu, papan reklame digital juga memiliki keunggulan dalam menargetkan kelompok konsumen tertentu. Integrasi dengan fitur analitik memungkinkan pengumpulan data mengenai perilaku, demografi, dan minat konsumen, memberikan kemampuan kepada merek untuk menyesuaikan strategi periklanan mereka sesuai dengan karakteristik target pasar.
Dengan kemampuan mudahnya mengubah konten, terdapat banyak ruang untuk menguji pendekatan dan menemukan strategi terbaik dalam menyampaikan konten yang dipersonalisasi dan dapat menghasilkan konversi.
Seiring evolusi dari tampilan digital menarik dengan konten iklan statis, signage digital kini telah mengalami perubahan menjadi lebih interaktif. Layar dengan kemampuan sentuh memungkinkan pengguna berinteraksi sesuai keinginan mereka, membuka perjalanan personal dan mengontrol apa yang ingin mereka lihat. Umumnya, ini diterapkan sebagai tampilan penunjuk arah atau kiosk swalayan.
Menurut Chris Gilder, CEO dari penyedia teknologi kios terkemuka, “Papan reklame digital telah mengubah cara pelanggan berinteraksi dengan merek.” Dengan terus berkembangnya fungsionalitas dan kemajuan teknologi, hal ini memberikan berbagai peluang bagi bisnis untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan menciptakan dampak yang signifikan.
Praktik Terbaik dalam Keterlibatan dan Interaksi Pelanggan dengan Signage

Jika Anda berencana memanfaatkan signage digital untuk keterlibatan dan interaksi pelanggan, ada beberapa aturan praktis yang perlu diikuti. Ini melibatkan proses perancangan konten hingga pemilihan perangkat lunak untuk papan reklame digital yang digunakan.
Konten Desain
Kesuksesan papan reklame digital tergantung pada isi kontennya. Artinya, apakah papan reklame digital Anda mencapai tujuan yang diinginkan atau tidak sepenuhnya tergantung pada bagaimana Anda mengelolanya. Penting untuk merancang konten yang tidak hanya menarik perhatian tetapi juga dapat berhubungan dengan audiens Anda. Langkah awalnya adalah dengan memperhatikan pedoman terbaik dalam desain grafis.
Frekuensi Layar
Maksimalkan efektivitas layar signage digital dengan menampilkan berbagai konten dalam satu setup. Anda dapat melakukannya melalui penggunaan daftar putar atau tayangan slide.
Dalam menampilkan konten seperti ini, penting untuk menjaga frekuensi tampilan layar yang tepat. Ini berarti setiap elemen konten harus ditampilkan dengan durasi yang memadai agar audiens memiliki cukup waktu untuk menyerap informasi, namun tidak terlalu lama sehingga kehilangan ketertarikan.
Fitur Interaktif
Perkembangan signage digital saat ini menawarkan pengalaman yang lebih interaktif. Kini, Anda tidak lagi terbatas pada iklan yang statis dan monoton. Ada lebih banyak peluang untuk menggabungkan fitur interaktif seperti layar sentuh dan kemampuan vending, memberikan audiens kontrol lebih besar terhadap interaksi dengan layar.
Baca Juga : Digital Signage untuk Spa
Terutama dalam era konsumen yang semakin mandiri, mengadopsi fitur interaktif dalam tampilan Anda memberikan mereka kebebasan untuk menentukan perjalanan mereka sendiri dan berinteraksi dengan konten sesuai dengan keinginan mereka. Dengan kemampuan untuk menavigasi layar dan menemukan konten yang paling menarik bagi mereka, hal ini meningkatkan tingkat keterlibatan dan memberikan pengalaman yang lebih memuaskan.
Kesimpulan
Keterlibatan dan interaksi pelanggan, signage digital telah membuktikan diri sebagai alat yang sangat efektif. Strategis memanfaatkan signage tidak hanya memberikan peningkatan yang signifikan dalam penyebutan merek dan distribusi di media sosial. Tetapi, juga menciptakan kesadaran merek yang mendalam di benak konsumen.
Leave a Reply