Digital Signage untuk Bank
Digital Signage untuk Bank sering kali didesain dengan sederhana dan kurang menarik untuk menampilkan kesan profesional dan dapat dipercaya. Desain ini lebih ditujukan untuk orang-orang yang ingin melakukan transaksi dengan cepat dan efisien, tanpa memperhatikan aspek estetika. Namun, dengan munculnya banyak perusahaan fintech yang menawarkan layanan perbankan online, bank-bank dengan ruang tunggu yang membosankan harus beradaptasi dengan tren digital atau menghadapi risiko penurunan pelanggan.
Tren ini menekankan pentingnya perbankan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, dan salah satu cara yang dijelaskan dalam artikel ini adalah melalui pemanfaatan reklame digital. Dengan berinvestasi dalam strategi pemasaran digital, bank dapat mencapai keberhasilan yang lebih baik dalam menarik perhatian calon nasabah, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran digital seperti media sosial dan iklan daring
5 Manfaat Digital Signage untuk Bank
Pentingnya pengalaman pelanggan telah melampaui persepsi harga-nilai dalam mendorong loyalitas pelanggan. Menurut penelitian, sebanyak 55% dari loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh pengalaman pelanggan, yang meningkat menjadi 56% ketika nilai harga ditambahkan.
Dengan fokus pada data ini, terlihat bahwa cabang bank tradisional perlu memprioritaskan peningkatan pengalaman nasabah untuk memperkuat loyalitas. Pemanfaatan teknologi digital modern menjadi kunci untuk memastikan kepuasan pelanggan selama kunjungan mereka ke lokasi fisik.
Memberikan Pengalaman Pelanggan In-cabang yang Lebih Baik
Dengan sebagian besar aktivitas perbankan ritel beralih ke platform online, pengalaman fisik perlu beradaptasi dengan perubahan zaman dalam sepuluh tahun terakhir.
Dalam era konsumeris saat ini, banyak orang terpaku pada layar. Bank dapat memanfaatkan peluang ini untuk memberikan pengalaman yang akrab kepada pelanggan yang terbiasa dengan interaksi melalui layar, dengan menggunakan papan reklame digital.
Lebih dari 60% bank, lembaga keuangan, dan koperasi kredit menggunakan papan reklame digital untuk berinteraksi dengan pelanggan selama menunggu pelayanan. Papan reklame digital memberikan peluang untuk memperkenalkan layanan dan informasi keuangan kepada pelanggan, sambil menghibur mereka selama menunggu.
Manajemen Antrian
Pelanggan sekarang dapat duduk dengan nyaman selama menunggu nomor antrian mereka, menggunakan sistem manajemen antrian dengan nomor token yang unik. Setiap pelanggan akan mendapatkan nomor token yang mewakili posisi mereka dalam antrean, memungkinkan mereka untuk bersantai di lobi atau melakukan kegiatan lain tanpa perlu mengantri panjang. Ini membantu menghemat waktu pelanggan dan mengurangi kekacauan di properti Anda.
Jika lembaga keuangan Anda dilengkapi dengan papan reklame digital layar sentuh, pengunjung dapat dengan mudah berinteraksi dengannya untuk melakukan tugas-tugas sederhana. Mereka dapat dengan cepat menjadwalkan pertemuan dengan penasihat keuangan, melakukan setoran tunai, membayar tagihan, dan mendapatkan informasi pinjaman. Ini memberikan kesempatan untuk menciptakan lingkungan di mana klien dapat berfungsi secara mandiri dan menyelesaikan tugas utama mereka.
Menghibur Pelanggan dan Pengunjung
Selain menerapkan praktik manajemen antrian yang efektif, memberikan hiburan berkualitas juga dapat menciptakan suasana nyaman bagi nasabah di lingkungan perbankan. Pengalaman menunggu dapat terasa lebih ringan ketika pelanggan terhibur.
Anda dapat menciptakan suasana yang riang di cabang Anda dengan menampilkan berbagai konten, mulai dari video pendek yang menghibur hingga wawancara selebriti terkini dan informasi cuaca.
Pendekatan ini dapat membuat pelanggan merasa nyaman dan santai selama kunjungan mereka. Jika mereka datang dengan anak-anak, membuat area khusus dengan pemutaran animasi dapat memberikan kenyamanan kepada orang tua, karena mereka tahu bahwa anak-anak mereka terhibur selama berada di bank.
Menaikkan Pamor Institusi
Bank Anda, seperti perusahaan lainnya, menghadapi persaingan yang ketat. Untuk menarik lebih banyak klien, diperlukan upaya untuk meningkatkan dan menawarkan sesuatu yang unik dalam layanan keuangan Anda.
Salah satu langkah awal yang efektif adalah meningkatkan pengalaman di aula cabang. Namun, untuk benar-benar menonjol di pasar, menunjukkan komitmen pada teknologi mutakhir menjadi penting.
Baca Juga : Neon Box Akrilik: Kelebihannya dalam Industri Reklame
Pelanggan menginginkan hal tersebut, dan penerapan signage digital di bank dapat menjadi bukti nyata bahwa Anda berkomitmen untuk terus mengikuti perkembangan teknologi, memberikan kemudahan, dan menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi mereka.
Tingkatkan Efisiensi dan Terhubung Lebih Baik
Penggunaan papan reklame digital di bank memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi operasional. Serta memperkuat hubungan dengan nasabah melalui penyampaian informasi yang cepat dan mudah diakses.
Papan reklame digital dapat diprogram untuk menampilkan berita keuangan terkini, pembaruan layanan pelanggan, dan informasi relevan lainnya secara langsung kepada nasabah. Bank juga dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan penawaran khusus, program loyalitas, dan promosi lainnya.
Kesimpulan
Penggunaan Digital Signage membuka peluang baru bagi sektor perbankan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, memperkuat brand awareness, dan mempercepat layanan. Dengan terus memanfaatkan teknologi ini, bank dapat memperkuat posisinya dalam mengikuti tren digital.
Comment (1)
[…] Baca Juga : Digital Signage untuk Bank […]