Contoh Billboard Masa Kini
Contoh Billboard saat ini tidaklah sulit dicari. Apalagi di dunia pemasaran secara internasional yang mana sudah secara menyeluruh menggunakan billboard. Merancang papan reklame yang efektif bisa menjadi tugas yang menantang, terutama ketika Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian orang. Selain dari menyampaikan pesan merek dengan jelas, papan reklame Anda juga harus memiliki daya tarik visual dan dapat diingat dengan mudah. Di bawah ini, Anda akan menemukan berbagai ide papan reklame fantastis beserta contoh terbaik yang dapat menjadi inspirasi. Teruslah membaca untuk mengetahui elemen-elemen yang membedakan desain papan reklame terbaik dan membuatnya efektif.
5 Contoh Billboard yang Bisa Jadi Inspirasi
Konsep iklan billboard telah mengalami perubahan signifikan dalam beberapa dekade terakhir, terutama jika dibandingkan dengan 30 tahun yang lalu. Saat ini, kita berada dalam era digital di mana iklan luar ruang (OOH) menghadirkan inovasi dengan teknologi 3D, AR, VR, dan berbagai pendekatan kreatif lainnya untuk mengubah wajah ruang iklan publik.
Enam Kata atau Kurang adalah Hal Ideal
Jika kita memutuskan untuk menggunakan iklan luar ruang, kita harus menyadari bahwa kita memiliki waktu yang sangat terbatas untuk menarik perhatian orang. Berdasarkan sebagian besar penelitian di bidang periklanan, kita hanya memiliki waktu 6 detik, tidak lebih tidak kurang. Oleh karena itu, disarankan untuk merancang motto, pesan, dan slogan yang terdiri dari sekitar 6 kata.
Baca Lainnya di Duniasign
Meskipun mungkin terdengar bahwa dengan membagi kata menjadi dua dapat menghasilkan jumlah kata yang sama dalam matematika, namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam iklan luar ruang, yang kita butuhkan hanyalah enam kata. Hal ini menyimpulkan bahwa jika Anda menghadapi sesuatu yang lebih kompleks daripada iklan sederhana seperti “Lakukan saja” dari Nike, sebaiknya hindari iklan luar ruang dan pertimbangkan format iklan yang lebih sesuai dengan brand.
Dapatkan Perhatian Tanpa Mengganggu
Membuat papan reklame bisa menjadi tugas yang rumit. Iklan perlu mempromosikan produk dan jasa dengan cara yang efektif, tetapi tanpa menimbulkan risiko atau kerugian. Ini berarti bahwa iklan harus menarik perhatian pengemudi, pejalan kaki, dan orang lain di jalan, tetapi juga harus mempertimbangkan faktor keamanan.
Papan reklame Anda harus bersinar dan mencolok di antara iklan lainnya untuk menarik perhatian pelanggan, tetapi harus dilakukan tanpa menyebabkan kecelakaan lalu lintas, yang sayangnya telah terjadi dalam beberapa kasus dalam sejarah periklanan. Sebagai contoh, iklan pakaian dalam wanita yang menampilkan model hampir tidak berkain dapat mengalihkan perhatian pengemudi dan menyebabkan kecelakaan.
Contoh Billboard : Jadilah Cerdas
Untuk menarik perhatian, papan reklame Anda harus benar-benar istimewa dan terlihat cerdas, tetapi hindari membuatnya terlalu rumit. Ingatlah bahwa ini adalah papan reklame, bukan Encyclopedia Britannica. Secara ringkas, intinya adalah kita perlu menyusun slogan terbaik dalam 6 kata yang dapat dibaca dalam waktu 6 detik. Jika slogan terlalu rumit, kampanye iklan Anda mungkin akan gagal.
Kelompok sasaran Anda adalah konsumen rata-rata yang memiliki pekerjaan dan minat beragam. Oleh karena itu, tidak bijaksana memenuhi iklan papan reklame kita dengan metafora yang rumit dari “Pride and Prejudice”. Yang Anda butuhkan adalah sesuatu yang menarik dan mudah dimengerti untuk tetap menarik perhatiannya.
Semakin Banyak Billboard Lebih Baik
Tidak dapat disangkal bahwa iklan merupakan investasi yang tidak murah. Pemasaran di luar ruangan, khususnya, memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis iklan lainnya. Tantangannya semakin kompleks ketika menyadari bahwa satu papan reklame saja tidak cukup efektif.
Setiap papan reklame dinilai dengan parameter khusus yang disebut GRP atau Gross Ratings Points. Tingkat GRP ini dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berkontribusi pada dampak akhir iklan Anda. Dengan tentu, semakin tinggi tingkat GRP, semakin mahal biaya yang dikeluarkan. Harga iklan bergantung pada variabel seperti volume lalu lintas, tingkat visibilitas, area penempatan, dan faktor-faktor lainnya.
Jangan Katakan, Tapi Tunjukkan
Meskipun kita memiliki banyak ruang, terkadang kata-kata tidak cukup untuk menyampaikan pesan kita. Namun, pertanyaannya adalah, mengapa kita perlu melakukan itu? Pada dasarnya, billboard adalah bentuk iklan visual yang harus benar-benar menarik perhatian. Perbedaan antara billboard dan selebaran bukan hanya dalam ukuran yang lebih besar, tetapi perbedaan sejati terletak pada peluang uniknya untuk menampilkan kreativitas yang tidak dapat dipresentasikan oleh selembar kertas kecil.
Contoh di atas bisa menjadi contoh atau inspirasi Anda dalam membuat bilboard Anda lebih menarik banyak perhatian. Jadi, pastikan pemilihan desain sudah sesuai dengan identitas usaha Anda.
Leave a Reply